Kamis, 07 September 2017

Tips ibadah puasa di hari Arafah

*_Reminding untuk kita semua_* :

Tips Menyongsong Hari Arafah:  9 Dzulhijjah 1438 H / 31 Agustus 2017M, !!!

Mari pahami JADWAL berikut, lalu praktekkan pada hari ‘H’ nya.

1. Tidurlah lebih awal di malam Arafah untuk _saving energy_, persiapan ibadah penuh pada Allah SWT.

2. Bangun sebelum shubuh. Makan sahur secukupnya sambil berniat puasa Arafah lillahi ta'ala.

3. Lakukan shalat Tahajjud minimal 4 rakaat. Berdo'a dikala sujud untuk kebaikan kita dunia-akhirat. Menangis lah, kalau ngga bisa, usahakan/ paksain aja meneteskan air mata. Moga Rahmat & Ampunan Allah SWT turun untuk kita di malam itu. Tutup sholat tahajjud dengan shalat witir.

4. Jelang shubuh manfaatkan waktu tersebut dengan beristighfar sehingga termasuk golongan orang yang beristigfar dikala sahur (وبالأسحار هم يستغفرون)

5. Siap-siap shalat shubuh. Menjelang azan, gunakan sejenak untuk muhasabatunnafsi (introspeksi diri). Ambil wudhu lagi untuk memperbaiki wudhu dan rasakan ketika itu dosa-dosa kita gugur satu per satu bersama tetesan akhir air wudhumu.

6. Jangan lupa baca do'a setelah wudhu.

7. Sholat sunat fajar qablal shubuh dan shubuh berjama’ah di masjid tentunya. Bayangkan jika itu adalah shalat terakhir kita.

8. Setelah sholat shubuh, mari teruskan dengan berdzikir.

9. Setelah itu lanjutkan dengan tasbih, tahmid, tahlil, istighfar dan seterusnya, juga baca Azkar Pagi hingga masuk waktu syuruq.

10. Sholat sunat  Syuruq 2 rakaat agar ibadah pagi itu tercatat sama pahalanya dengan haji & umrah. Jangan sekali-kali disia-siakan kesempatan itu.

11. Setelah itu, boleh pilih; istrahat atau gunakan seluruh kesempatan itu untuk berdzikir, tilawah qur’an dan berdo'a lagi.

12. Atau tidur satu jam dengan niat saving energy untuk ibadah selanjutnya.

13. Bangun tidur langsung berwudhu dan shalat dhuha minimal 4 rakaat. Lakukan variasi ibadah untuk menghindari kejenuhan.

14. Shalat zhuhur berjama’ah. Lalu bertakbir, bertasbih dan baca Al-Qur’an.

15. Jika memungkinkan, akses internet, buka program yang menyiarkan live khutbah Arafah. Simak pesan-pesan khutbahnya. Ikrarkan diri tahun ini adalah tahun penerapan pesan-pesan Ilahi seutuhnya dalam kehidupan kita sehari-hari.

16. Shalat ashar berjama’ah, sambung dengan takbir dan azkar sore.

17. Baca Al-Qur’an hingga menjelang satu jam sebelum maghrib. Lalu mulailah berdo'a dengan khusyu. Coba bayangkan masing-masing kita sedang berdiri di hadapan Allah Rabbul ‘izzati wal jalal. Jangan lupa mendo'akan kedua orang tua kita serta saudara-saudari muslim lainnya yang teraniaya, terzhalimi diluar sana, dimanapun mereka berada.

18. Berdo'a juga pada Allah agar sebelum matahari terbenam agar kita telah terbebas dari siksa neraka.

19. Semoga kita semua mendapat taufik & inayah dari Allah dalam menjalankan tips-tips ibadah & keta'atan ini. Dan mudah-mudahan juga Allah yang Pengasih dan Penyayang menerima segala usaha, amal shaleh dan permohonan kita.

20. Ketika adzan maghrib berkumandang, pastikan langsung ta’jil buka puasa. Ingat, doa orang berpuasa tidak pernah ditolak oleh Allah SWT.

21. Jangan lupa reminder family & karib-kerabat serta orang-orang yang  dicintai dengan amalan agung ini. Syurga terlalu luas kalau hanya kita masuki seorang diri.

22. Insya Allah surga Firdaus dengan segala kenikmatannya kan menanti kita semua.

Hanya sekali dalam setahun.
Ibadah ini juga rutin dilakukan para sahabat yang tidak mampu atau berhalangan pergi haji.
Wassalam

copy group Tholibu Al-Ilmi 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar